Webinar Hari Tanpa Tembakau Sedunia UI 2020

image
By adminweb On Senin, Juli 20 th, 2020 · no Comments · In

Depok, 1 Juni 2020 – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2020 pada tanggal 31 Mei 2020, Universitas Indonesia melalui UPT Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan bekerjasama dengan ILUNI Pascasarjana, PT. Nusantara Compnet Integrator, PPPKMI, Humas UI, Pokja KTR UI, BEM UI dan BEM Fakultas UI menyelanggarakan 3 agenda besar kampanye yaitu, acara Webinar Hari Tanpa Tembakau Sedunia UI 2020, Sayembara Poster, dan Campaign HTTS UI 2020. Agenda besar ini diketuai oleh Kepala UPT K3L UI yaitu Bpk. Dr. Ir. Sjahrul Meizar Nasri, M.Sc., dengan teknis berbeda namun dengan satu kesatuan, seluruh rangakaian Campaign tersebut dilaksanakan dengan waktu yang telah ditentukan guna tepat sasaran.

 

 

                                                                                                                                             Prof. Dr. dr. Meily Kurniawidjaja, M.Sc., Sp.Ok                                                                                                                                                                          Guru Besar FKM UI Bidang Kesehatan

 

                     Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K)., FISR FAPRS                                                    Dr. dra. Rita Damayanti, MSPH

       Ketua Dept. Pulmonologi dan Respirasi FKUI – RS. Persahabatan                                       Moderator (Ketua Pokja KTR UI)

 

                                     dr. Iwan Ariawan, MSPH                                                                                     Dr. Farrukh Qureshi

Dept. Biostatistik FKM UI                                                                         World Health Organization (WHO)

 

Dr. Ir. Sjahrul Meizar Nasri, M.Sc

Kepala UPT K3L UI

 

Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Ph.D

Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia

Event Webinar Hari Tanpa Tembakau UI 2020 mengangkat topic “Kontroversi Rokok di Masa Pandemi Covid-19” dan dilaksanakan pada 1 juni 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB melalui aplikasi Zoom dan Live YouTube channel UPT K3L UI dengan mengundang Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia yaitu Bpk. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Ph.D sebagai keynote speech dan narasumber yang ahli di bidangnya diantaranya Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K)., FISR FAPRS selaku Ketua Dept. Pulmonologi dan Respirasi FKUI – RS. Persahabatan yang juga merupakan Ketua Seksi Operasional Komando Covid-19 di RS. Persahabatan, Prof. Dr. dr. Meily Kurniawidjaja, M.Sc., Sp.Ok yang merupakan Guru Besar FKM UI di Bidang Kesehatan, dr. Iwan Ariawan, MSPH dari Dept. Biostatistik FKM UI dan Dr. Farrukh Qureshi dari World Health Organization (WHO). Antusiasme tidak dapat terbendung peserta yang melakukan registrasi mencapai 1082 orang, namun peserta yang diberikan kuota zoom hanya 510 orang pertama yg mendaftar, sementara yang mengikuti real time di zoom berjumlah 325 orang. Peserta yang tidak tertampung oleh aplikasi Zoom dapat menyaksikan di live YouTube UPT K3L UI. Mengutip kesimpulan moderator acara yaitu Dr. dra. Rita Damayanti, MSPH yang juga Ketua Pokja KTR UI pada penutupan acara webinar ini bahwa Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K)., FISR FAPRS menjelaskan “perokok lebih mudah tertular Covid-19 karena comorbid-nya akan memperparah”, Prof. Dr. dr. Meily Kurniawidjaja, M.Sc., Sp.Ok menyampaikan mengenai “rokok adalah pilihan tapi sayangilah orang keluarga dan orang disekitar Anda”, kemudian dr. Iwan Ariawan, MSPH mengatakan “jangan terkecoh dengan penelitian, kita harus kritis, terutama kita yang bergerak di perguruan tinggi dan anda adalah mahasiswa yang akan lulus menjadi sarjana atau master”,dan terakhir Dr. Farrukh Qureshi myampaikan “adanya intervensi dari industry rokok yang sangat masif sekali baik di penelitian dan dengan strategi lain seperti membagi free produknya, donasi-donasi yang seing kali membuat kita terkecoh karena pelanggan masa depan mereka itu adalah kalian anak muda, karena itu kalian harus berpikir kritis”.

Masih dalam agenda rangkaian HTTS UI 2020 Sayembara Poster dengan hadiah total juataan rupiah berhasil sukses menggaet para mahasiswa dan masyrakat umum dengan sosialisasi dan dilangsungkan mulai tanggal 19 – 27 Mei 2020 dengan tema desain “Keresahan Perokok saat Pandemi Covid-19 dan Solusinya”. Dengan ketentuan diperbolehkan satu peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 karya, hasil karya dalam sayembara ini masuk dengan total 137 poster dengan jumlah 130 orang peserta diantaranya 16 siswa pelajar, 92 mahasiswa dan 22 orang masyarakat umum. Penilaian ditentukan oleh Dewan Juri berpengalaman yaitu Dr. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc., dari Pokja KTR UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si merupakan Kepala Biro Humas dan KIP UI, dan Dr. Audrey G. Tangkudung yang merupakan Ketua ILUNI Pascasarjana UI. Ada 6 pemenang sayembara poster, hasil karya pemenang dilampirkan dengan lembar orisinalitas bermaterai dan pakta yang ditandatangani oleh masing-masing pemenang. Pemenang Juara 1 sayembara poster Campaign HTTS UI 2020 ini berhasil diraih oleh M. Nur. Ali Wisnu dari Daiwa TV, hasil penilaian yang merupakan hasil mutlak dan keputusan final para dewan juri.

Meskipun ditengah pandemi Covid-19 agenda HTTS UI 2020 masih akan berlangsung dengan tema Campaign “Lindungi Anak dan Remaja dari Manipulasi Industri Rokok Mencegah Covid-19” yang akan terus dilakukan secara masif melalui media sosial UI, K3L, BEM UI, BEM Fakultas UI, Group WhatsApp Humas Fakultas, dan Group WhatsApp Umum dengan membagikan poster Campaign HTTS UI. Juga melakukan ajakan Challenge dengan template twibon instastory dan juga True or False pada instastory mengenai tanggapan masyarakat dan civitas UI mengenai rokok yang ditag ke akun k3l_ui dengan hastag #httsui2020, #haritanpatembakausedunia, dan #wntd. Kemudian spanduk yang sudah mulai tayang pada website K3L UI dari tanggal 26 Mei 2020 dan tayang di website Fakultas dari tanggal 30 Mei 2020. Selanjutnya Campaign HTTS UI 2020 akan dikoordinasikan pada pemasangan baliho dan videotron UI saat dimulainya masa Work From Office (WFO).

About

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *