Program Pendidikan Lingkungan Hidup dan K3L di Universitas Indonesia

image
By adminweb On Sabtu, November 23 rd, 2019 · no Comments · In

Program Pendidikan Lingkungan Hidup dan K3L di Universitas Indonesia

 

Depok, 20 November 2019. Kegiatan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional 2019 merupakan acara 5 tahunan. Pertikawan ini dibagi menjadi beberapa subcamp, dimana pada subcamp Depok, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok dan Pemkot Depok menjadi penyelenggara kegiatannya. Tema kegiatan ini yaitu “Milenial Pengawas Sampah dan Satwa”.

Universitas Indonesia menjadi salah satu tempat yang dikunjungi pada kegiatan Pertikawan ini untuk melakukan giat bakti sosial dan edukasi. Giat Bakti sosial dilakukan dengan membagi peserta subcamp Depok menjadi 4 kelompok yang kemudian langsung menuju 3 titik kegiatan yaitu

  1. Danau Ulin. Pada titik ini, peserta sekitar 50 orang, melakukan penanaman pohon
  2. Lapangan Rotunda UI. Pada titik ini, sekitar 50 orang peserta membuat lubang biopori
  3. Boulevard Rotunda – RSUI. Di sini, sekitar 100 orang peserta melakukan penanaman pohon

 

Gambar 1. Lokasi kegiatan bakti (titik warna merah) dan edukasi (kotak warna kuning) di Universitas Indonesia

 

Giat edukasi dilakukan dengan menyelenggarakan kuliah umum. Kuliah umum dibawakan oleh Prof. Dra. Fatma Lestari, Msi., PhD., selaku perwakilan dari Universitas Indonesia dengan  judul “Menyeimbangkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Kualitas Lingkungan: Konservasi Hutan, Lingkungan, Tanaman Langka dan Satwa”. Dari KLHK kuliah umum dibawakan oleh Dirjen Gakum Dr. Drs. Rasio Ridho Sani, M.Com., MPM dengan judul “Menegakkan Hukum, Mewujudkan Keadilan Lingkungan”. Kuliah umum diselenggarakan di Auditorium Vokasi UI.

 

 

About

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *